header-int

Business day SMA YPK

Senin, 09 Okt 2017, 06:57:15 WIB - 52 View
Share

Business day SMA YPK

SMAYPK- Agenda sekolah untuk kegiatan hari Senin, 09 Oktober 2017 jam 07.00 - 07.45 adalah kegiatan pembiasaan. Pembiasaan kali ini diisi dengan kegiatan bisnes (business day).

Seluruh siswa kelas X, XI dan XII berkumpul di lapangan A untuk melakukan kegiatan bisnes. Mereka melakukan jual beli produk usaha masing-masing.

Seluruh siswa kelas X yang menjadi pelaku utama kegiatan bisnes. Siswa kelas X ini menjadi pengusaha dengan menjual hasil perusahaan kepada seluruh siswa kelas XI dan XII. Kelas X dipilih menjadi Kelas Kewirausahaan agar mereka dapat belajar berwirausaha sejak dini dan semoga dapat mengembangkan wirausahaanya untuk-tahun selanjutnya tanpa mengganggu kegiatan belajar-mengajar.

Perusahaan siswa kelas X terbentuk karena ada kelas bisnes (Kewirausahaan). Kelas ini terdiri atas kelompok siswa kelas X yang dibina oleh seorang guru pembina. Satu kelompok terdiri atas 6-7 orang siswa, dengan total sebanyak 30 kelompok. Sekolah memberikan modal Rp 1.000.000/kelompok. Modal ini diberikan dengan cuma-cuma dan masing-masing kelompok wajib melaporkan kegiatan usahanya pada bulan Desember 2017. Tutur Ibu Anik Kusmiatu, M.Pd Guru Koordinator Kelas Kewirausahaan.

Dari pantauan kami, produk yang dihasilkan bermacam-macam. Kebanyakan mereka berusaha dalam bidang pengolahan. Adapun yang dihasilkan antara lain makanan ringan, soft drink, eskrim, pop corn dan sebagainya. Harganya pun bervariasai, rata-rata dikisaran Rp 10.000/item barang. 

SMA YPK Bontang menyelenggarakan Kelas Kewirausahaan sudah tahun kedua. angkatan pertama tahun lalu tahun pelajaran 2016/2017. Ini sudah angkatan kedua untuk kelas Kewirausahaan. Semoga anak-anak dapat belajar berwirausaha sejak dini. Melatih jiwa berwirausaha dan mudah-mudahan nantinya mereka menjadi pengusaha sukses, yang banyak menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat. Kegiatan Kewirausahaan ini tidak mengganggu aktifitas belajar, karena memang dilaksanakan diluar jam pelajaran. Tutur Bapak Mukhtar Efendi, S.Pd Waka Kesiswaan SMA YPK.

 

SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang SMA Yayasan Pupuk Kaltim, sejak 1983 mengemban misi pendidikan bagi putra-putri karyawan PT. Pupuk Kaltim dan masyarakat Bontang dan sekitarnya, menerapkan sekolah serius untuk sebuah pembelajaran yang optimal, sehingga menjadikan sekolah ini Homebase-nya para juara dan menjadi The gateway to prominent universities dalam mengantar alumninya untuk studi lanjut.
© 2017 SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang Follow SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang : Facebook Twitter Linked Youtube