header-int

Meriahnya Peringatan Bulan Bahasa SMA YPK 2018

Kamis, 01 Nov 2018, 14:12:21 WIB - 31 View
Share

Meriahnya Peringatan Bulan Bahasa SMA YPK 2018

Kami putera dan puteri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan Bahasa Indonesia. Itulah salah satu bunyi sumpah pemuda yang dipekiknya oleh para pemuda, pembangun dan pejuang bangsa puluhan tahun yang lalu. Tepatnya pada tanggal 28 Oktober merupakan hari sumpah pemuda yang didalamnya dijunjung tinggi Bahasa Indonesia sebagi Bahasa Persatuan.

Adanya sumpah pemuda ini, maka pada Bulan Oktober ditetapkan sebagai Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia. Hal ini yang perlu kita jaga, lestarikan dan selalu diperingati setiap tahunnya.

Di SMA YPK, peringatan Bulan Bahasa diisi dengan kegiatan penting, istimewa, menarik dan tentunya menambahkan jiwa dan semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

Peringatan Bulan Bahasa SMA YPK diawali pada Hari Jumat, 19 Oktober 2018, berupa kegiatan apel pagi bersama. Seluruh civitas akademika SMA YPK berkumpul di halaman A dengan kostum pakaian adat dan batik Indonesia. Kepala sekolah yang langsung memimpin acara ini sekaligus membuka secara resmi peringatan bulan bahasa.

Setelah apel selesai, para siswa mengikuti berbagai perlombaan yang diadakan oleh OSIS SMA YPK. Diantara perlombaan itu adalah lomba pjdato, debat, kriya, puisi, vocal dan lain seagainya. Para siswa sangat antusias mengikuti perlombaan ini. Mereka perform dengan tampilan yang terbaik.

Tim kewirusahana juga turut andil dikegiatan ini. Para siswa ada juga yang membuka stan untuk  menjual berbagai produk kelompok usahanya. Ada yang berupa cindramata, makanan khas, pengolahan, budidaya, produk rekayasa.

Para guru menjadi dewan juri pada pelombaan-perlombaan tersebut. Secara profesional beliau menilai dan menentukan yang terbaik diantara yang peserta terbaik.

SMA YPK merupakan sekolah yang senantiasa mendidik para siswa agar mandiri, berjiwa kesatria, dan selalu mejadi tauladan untuk lingkungannya. Hal ini dilakukan melalui pembelajaran maupun berbagai kegiatan penting.

Selanjutnya pada hari selasa, 23 Oktober 2018, YPK bekerjasama dengan PT Pupuk Kalimantan Timur menghadirkan penulis buku nasional Tere Liye untuk memberikan edukasi literasi bagi lingkungan PKT terutama civitas akademika YPK. Tere leye merupakan penulis banyak buku dan karya-karya banyak diangkat ke layar lebar maupun televisi.

SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang SMA Yayasan Pupuk Kaltim, sejak 1983 mengemban misi pendidikan bagi putra-putri karyawan PT. Pupuk Kaltim dan masyarakat Bontang dan sekitarnya, menerapkan sekolah serius untuk sebuah pembelajaran yang optimal, sehingga menjadikan sekolah ini Homebase-nya para juara dan menjadi The gateway to prominent universities dalam mengantar alumninya untuk studi lanjut.
© 2018 SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang Follow SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang : Facebook Twitter Linked Youtube