header-int

Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1438 H

Jumat, 26 Mei 2017, 20:41:23 WIB - 367 View
Share

Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1438 H

Berdasarkan konfrensi pers yang dilakukan oleh Menteri Agama Republik Indonesia Bapak Luqman Hakim Saifuddin bahwa Ibadah Puasa Ramadhan 1438 H dimulai pada Hari Sabtu, 27 Mei 2017.

Hal ini berdasarkan data Rukyatul Hilal yang dilakukan di sejumlah wilayah Indonesia, bahwa Bulan terlihat dengan jelas.

Hilal terlihat jelas di Wilayah Kepulauan Seribu, Jawa Timur,  Nusa Tenggara Timur, dan Sulawesi Utara.

Hal ini juga berdasarkan data astronomi, bahwa bulan berada diposisi 8°. Sedangkan syarat bulan terlihat minimal 2°. Hal ini benar dan terbukti bahwa bulan terlihat jelas di 4 daerah tersebut di atas.

Puasa Ramadhan merupakan rukun Islam yang keempat. Seluruh umat muslim dimanapun berada yang sudah baligh, dan berakal sehat wajib menjalaankannya. Sedangkan rukun Islam yang lainnya yaitu Syahadat, Sholat, Zakat, Puasa dan Haji.

Marilah kita jadikan momentum puasa Ramadhan sebagai perekat pesaudaraan seagama (ukhuwah islamiyah), perekat persaudaraan sebangsa dan setanah air (ukhuwah watoniyah). Marilah kita ciptakan keharmunisan hidup, keamanan dan ketentraman dimasyarakat. Saling hormat menghormati dan toleransi satu dengan lainnya.

Selamat menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan 1438 H/ 2017 M bagi seluruh umat muslim di dunia khususnya di Negara Tercinta Republik Indonesia. Semoga puasa kita tahun ini lebih baik dari tahun yang lalu. Mari kita jaga kesucian Bulan Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin.

SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang SMA Yayasan Pupuk Kaltim, sejak 1983 mengemban misi pendidikan bagi putra-putri karyawan PT. Pupuk Kaltim dan masyarakat Bontang dan sekitarnya, menerapkan sekolah serius untuk sebuah pembelajaran yang optimal, sehingga menjadikan sekolah ini Homebase-nya para juara dan menjadi The gateway to prominent universities dalam mengantar alumninya untuk studi lanjut.
© 2019 SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang Follow SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang : Facebook Twitter Linked Youtube