header-int

170.000 BMI RAMAIKAN RAMADHAN DI HONGKONG

Share
Posted : 30 Mei 2018
Nama Penulis:
H. Khumaini Rosadi, SQ, M.Pd.I )*
Isi Artikel:

Saya penasaran mengapa banyak sekali tenaga kerja wanita Indonesia yang disebut sebagai buruh migran berbondong-bondong mendatangi Hongkong sebagai tempat mengais rejeki untuk membantu kebutuhan ekonomi keluarga. Lebih dari 170.000 BMI ramaikan ramadhan di hongkong. Ada apa dengan Hongkong? Kira-kira  gaji atau penghasilan BMI di Hongkong umumnya berapa ya? Sehingga Negara yang dijuluki Negara Beton ini menjadi destinasi favorit bagi mereka. Pertanyaan ini saya tanyakan langsung kepada salah satu BMI yang juga menjadi relawan di sini. Namanya Ibu Neni Anisah. BMI asal Banyuwangi Jawa Timur yang sudah 7 tahun menjadi BMI dan saat ini dipercaya menjadi Koordinator divisi dakwah DDHK.

Menurut Neni, Upah Minimum Regional atau UMR di Hongkong sampai bulan Mei 2018 ini berjumlah $4410 DHK / Dollar Hongkong. Kalau dirupiahkan kurang lebih sekitar 7 jutaan lebih. Jika dihitung sesuai kurs DHK ke rupiah sampai saat ini, 23 Mei 2018, Kurs terakhir $1 DHK sama dengan  Rp. 1.870. maka upah minimum bagi setiap buruh imigran akan mendapatkan minimal Rp. 7.965.875 setiap bulannya. jumlah gaji yang lumayan bagi BMI yang baru, dan rata-rata lulusan SMP. Meskipun banyak juga yang lulusan SMA.

Inilah standar upah kepada buruh migran Indonesia di Hongkong. Bagi yang pandai menghemat dan mengatur keuangannya, dengan gaji sebesar itu insyaallah akan dapat membangun rumah sederhana di kampung halaman setelah habis kontrak 4 tahun. Apa mungkin bisa? Bisa jadi, karena gajinya utuh, makan ikut majikan, tempat tinggal pun ikut majikan.

Apakah mereka ke Hongkong mengeluarkan modal? Ternyata tidak. Rekrutmen mereka, belajar Bahasa cantonnya, semuanya disediakan oleh agen tenaga kerja. Belajar Bahasa canton sekitar dua atau tiga bulan sudah bisa. Setelah mulai bekerja pada majikan, maka 6 bulan gaji pertamanya akan dipotong setengahnya oleh agen di Indonesia. Setelah enam bulan, maka gajinya akan diterima utuh oleh BMI yang bersangkutan. Ungkap Munirah – BMI asal Cilacap yang pada tanggal 23 Mei ini Boyong ke Indonesia untuk menikah setelah 8 tahun bekerja.

Di dalam kontrak kerja umr tidak boleh kurang dari $4410 DHK. Tetapi gaji itu bagi BMI yang masih baru, kira-kira kalau sudah puluhan tahun di sini apakah cuma segitu juga kah? Tentunya tidak, dan semuanya tergantung majikan. Jawab Ibu Neni Anisah. Jika ada majikan yang baik, banyak juga para BMI, baik yang baru atau sudah lama bisa mendapatkan gaji di atas $5000 DHK / Dollar Hongkong atau sebesar Rp. 9.031.602, bahkan ada yang mendapatkan sampai bilangan 15 jutaan. Setiap kontrak kerja, panjang waktunya sampai 4 tahun, kalau suka bisa diperpanjang, kalau tidak suka, bisa pilih atau mencari majikan lain. Kalau kerja sudah puluhan tahun pada satu majikan, maka tanda terimakasih berupa uang long service akan diberikan.

Semoga pendapatan yang didapat oleh Buruh Migran menjadi berkah untuk mereka dan keluarga. Terutama di bulan Ramadhan ini, jangan sampai lupa mengeluarkan zakat, infaq, dan sedekahnya. Karena inilah yang menjadikan uang itu berkah, gaji lancar, dan bisa membahagiakan orang-orang yang mendapatkan manfaat dari hasil jerih payahnya.

)* Corps Dai Ambassador Dompet Dhuafa (CORDOFA), Tim Inti Dai Internasional dan Multimedia (TIDIM) LDNU, Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STITSYAM) Bontang, Guru SMA YPK Bontang, Imam Besar Masjid Agung Al-Hijrah Kota Bontang, Penulis Buku: Fathul Khoir – Memahami Tajwid dengan 300 bait Syair, Perjalanan Dakwah di Eropa, Al-Ma’shumi – Metode mudah belajar Alquran, Pengantar Mata Kuliah Praktek Keterampilan Ibadah, Fiqih al-Hijrah – Kumpulan Tanya Jawab Fiqih di al-Hijrah.

File Pendukung:
SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang SMA Yayasan Pupuk Kaltim, sejak 1983 mengemban misi pendidikan bagi putra-putri karyawan PT. Pupuk Kaltim dan masyarakat Bontang dan sekitarnya, menerapkan sekolah serius untuk sebuah pembelajaran yang optimal, sehingga menjadikan sekolah ini Homebase-nya para juara dan menjadi The gateway to prominent universities dalam mengantar alumninya untuk studi lanjut.
© 2018 SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang Follow SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang : Facebook Twitter Linked Youtube