header-int

Sekilas tentang SMA Yayasan Pupuk Kaltim

Posted by : Administrator
Share

Sekolah jenjang SMA adalah masa yang menentukan arah jalan hidup. Memilih jurusan/program studi dan universitas sama dengan memilih masa depan.  Penentuan pemilihan jurusan/program studi dan universitas memerlukan strategi yang tepat, kesesuaian dengan potensi psikologis dan akademik, serta prospek pekerjaan harus menjadi bahan pertimbahan utama. Kejelian memilih jurusan yang belum favorit tetapi prospektif juga menentukan prospek kerja di masa mendatang. Para lulusan beberapa jurusan dan universitas favorit dengan mudah dan cepatnya terserap oleh dunia kerja, bahkan bisa jadi belum luluspun telah mendapatkan tawaran kerja dengan gaji yang lumayan. Sementara kondisi yang lain, para sarjana kesulitan mencari pekerjaan dan pada akhirnya banyak yang bekerja tidak sesuai dengan jurusannya, serta kebanyakan yang digaji hanya sebatas UMR (upah minimum regional).

Tiket untuk mendapatkan jurusan dan PTN Vaforit, diupayakan dari awal masuk SMA. Nilai rapor semeter 1 s.d. 5 menjadi penentu diterima tidaknya siswa di PTN melalui Jalur SNMPTN (Undangan). Andaikan kondisi tersebut disadari oleh siswa sejak awal masuk SMA, maka para siswa tidak akan sempat malas ataupun ”nakal”. Sayangnya seringkali siswa menyadari hal itu setelah kondisi terlanjur.  Para siswa kelas XII baru menyadari bahwa yang mendapatkan fasilitas masuk PTN melalui jalur SNMPTN (tanpa tes) hanya 50% dari jumlah siswa. Penentu persentase adalah ranking kumulatif dari nilai rapor semester 1 s.d. 5 yang tiap semester dientri oleh sekolah ke PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa). Siswa kelas XII baru menyadari, sesungguhnya persaingan untuk memperebutkan jurusan dan PTN Favorit senyatanya telah diawali semenjak kelas X semester 1.

Berdasarkan ketentuan Panitia penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2017-2018, pintu masuk PTN ada tiga Pintu: SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri dengan kuota minimal 30%, 40% dan 30% dari jumlah keseluruhan mahasiswa yang diterima si satu PTN. Panitia penerimaan mahasiswa baru adalah Forum Rektor, yang tiap 2 tahun bergantian. Tahun akademik 2017-2018 Ketua Panitia penerimaan mahasiswa baru PTN adalah Universitas Sebelas Maret (UNS Surakarta).

SMA Yayasan Pupuk Kaltim dengan salah satu motonya: The Gateway To Prominent Universities”. SMA YPK menjadi jembatan dan pintu gerbang menuju perguruan tinggi. SMA YPK mempresetasikan diri sebagai jembatan tangguh yang mampu menopang berbagai bentuk tanggung kawab pendidikan dan pengajaran serta sebagai pintu gerbang yang luas bagi seluruh anak didik untuk memasuki perguruan tinggi terkemuka. Moto tersebut merupakan ekspresi antusiasme dan energi potensial bagi seluruh civitas akademika yang ada di dalamnya untuk memberikan kontribusi nyata dalam mengantarkan seluruh peserta didik menuju perguruan tinggi terkemuka di negeri ini.

Program Penghantaran ke PTN yang dilakukan oleh SMA YPK adalah:

  1. Layanan Pemilihan Jurusan di PTN;
  2. Pengenalan Prospek Kerja (a. Pembelajaran di Kelas; b. Kunjungan Industri; c.  Kunjungan Instansi Pemerintahan);
  3. Pemahaman Kemampuan (a.  Psikotes (bakat, minat); b.  Tes Akademik);
  4. Pengenalan Jurusan;
  5. Pengenalan Perguruan Tinggi (a. Pembelajaran di Kelas; b.  Kunjungan PTN; c. Sosialisasi PTN);
  6. Layanan Konsultasi Siswa & Ortu; dan
  7. Penghantaran PTN Kemitraan (a. SNMPTN (PDSS); b. SBMPTN; c. Tes Mandiri).

Siswa SMA YPK dari kelas X telah diperkenalkan dengan “Mading PTN” yang memuat informasi, jurusan perguruan tinggi. Jurusan tersebut nanti akan mempelajari materi apa saja, jurusan tersebut memerlukan potensi psikologis (bakat, minat) dan potensi akademik apa saja, bidang pekejaan apa dan dimana, dan lain-lain. Upaya memperkenalkan prospek kerja dilakukan dengan pembelajaran di kelas mendatangkan  narasumber berbagai bidang pekerjaan, berkunjung ke industri (kunjungan ke pabrik PKT), serta kunjungan ke beberapa instansi pemerintah Kota Bontang.

Siswa kelas X dari awal masuk SMA telah melakukan psikotes dan tes akademik. Data hasil tes tersebut dapat dijadikan salah satu bahan pertimbangan untuk pemetaan pemilihan jurusan di perguruan tinggi. Di kelas XI para siswa diberikan kesempatan untuk mengikuti psikotes yang salah satu hasilnya spesifik merekomendasikan tiga jurusan yang disarankan sesuai dengan potensi psikologisnya. Perkembangan kemampuan akademik para siswa dari pencapaian hasil belajar semester satu (1) sampai dengan semester lima (5) , pada setiap semesternya dientri sekolah ke Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), akan menjadi bahan pertimbangan pemetaan pemilihan jurusan di PT. Pemetaan pemilihan jurusan di PT dilakukan oleh sekolah beberapa kali. Pada kesempatam di akhir, kelas XII semester 1, dilakukan konsultasi khusus (konsis) antara guru, siswa, bapak dan Ibu. Konsis dilakukan dengan tujuan para siswa dapat memilih jurusan dan universitas yang sesuai dengan potensi psikologis dan akademiknya. Para siswa diharapkan dapat “mengukur baju:” untuk disesuaikan dengan jurusan yang dipilihnya.

Pengenalan PTN kepada para siswa dilakukan dengan para siswa kelas XI dikoordinir untuk melakukan kunjungan kampus. Kunjungan kampus sebagai upaya membuat para siswa mengenal lebih dekat PTN yang akan menjadi tujuan pendidikan berikutnya. Upaya pengenalan PTN berikutnya adalah dengan difasilitasi oleh Pupuk Kaltim dan Yayasan Pupuk Kaltim, mendatangkan para Rektor dan Manajemen PTN untuk kunjungan sosialisasi ke SMA YPK. Terdapat sekitar 20 PTN mitra Pupuk Kaltim/YPK yang diundang ke SMA YPK. Para siswa dan orang tua lebih dekat mengenal PTN dari seluruh polosok Indonesia.

PTN mitra PKT/YPK adalah: UNPAD, ITB, IPB, UNSOED, UNDIP, UGM, UNY, UPN YOG, UNAIR, ITS, UNESA, UPN JATIM, UNESA, POLINEMA, UN, UB, UNEJ, UNLAM, UNMUL, ITK, DAN UNHAS. PTN-PTN tersebut memberi kesempatan yang luas untuk para siswa lulusan SMA YPK untuk dapat melanjukan studinya. Kesempatan masuk dapat melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri kerjasama. Pelaksanaan tes mandiri kerjasama beberapa PTN bahkan ada yang dilakukan di Sma YPK.

Prosentasi daya serap lulusan SMA YPK ke PTN sangat bagus, dapat kami gambarkan untuk lulusan SMA tahun pelajaran 2015/2016, sebagai berikut:

Rincian Data Daya Serap Siswa Kelas XII Tahun Ajaran 2016/2017

Pendidikan merupakan usaha terstruktur untuk membekali sikap dan budi pekerti yang baik, pengetahuan, dan keterampilan seseorang. Pendidikan secara formal dijalankan oleh institusi yang bernama sekolah, universitas, maupun pesantren. Memberikan bekal pendidikan kepada anak bagi orang tua merupakan bagian dari meningkatkan kesejahteraan. Semakin baik orang tua memberikan bekal pendidikan kepada anak-anaknya, semakin tinggi pula tingkat kesejahteraan yang dia terima dan rasakan. Secara sederhana, banyak orang melinierkan  tingkat keberhasilan pendidikan anak dengan pekerjaan/gaji yang ia peroleh nantinya. Tetapi orang yang bijak memandang bahwa tujuan utama dari pendidikan adalah mengubah “JENDELA” menjadi “PINTU”. Dapat dimaknai bahwa semakin baik pendidikan anak, semakin luas wawasan hidup yang akan ia miliki. Dengan wawasan hidup yang luas itulah mereka akan memaknai dan mewarnai hidup mereka nanti.

oleh: Drs. H. Rakim, M.Pd. Kepala SMA Yayasan Pupuk Kaltim

SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang SMA Yayasan Pupuk Kaltim, sejak 1983 mengemban misi pendidikan bagi putra-putri karyawan PT. Pupuk Kaltim dan masyarakat Bontang dan sekitarnya, menerapkan sekolah serius untuk sebuah pembelajaran yang optimal, sehingga menjadikan sekolah ini Homebase-nya para juara dan menjadi The gateway to prominent universities dalam mengantar alumninya untuk studi lanjut.
© 2017 SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang Follow SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang : Facebook Twitter Linked Youtube